Wednesday 11 March 2015

Iraq Rebut Kota Tikrit dari ISIS

Iraq Army Force


Baghdad - Militer Irak yang didukung milisi Syiah dan pasukan Kurdi dilaporkan berhasil kembali merebut sebagian besar wilayah Tikrit dari kelompok radikal ISIS. Kota ini merupakan daerah penting di Negeri Seribu Satu Malam serta kampung halaman dari Saddam Hussein.

Keberhasilan merebut daerah Al Alam di Tikrit bukan datang dalam waktu singkat. Operasi militer tersebut telah dilancarkan sejak awal pekan.

"Saya resmi umumkan, kota ini sudah dikuasai pihak keamanan," kata Wali Kota Tikrit,  Laith al-Jubouri, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (11/3/2015).

Keberhasilan Militer Irak ini, disambut baik oleh rakyatnya. Puluhan keluarga yang sempat mengungsi keluar dari Al Alam langsung kembali ke rumahnya.

Warga-warga Al Alam, bahkan berpesta menyambut kemenangan Pasukan Irak dengan menyembelih domba dan diberikan kepada pasukan keamanan.

Militer Irak dalam operasi militer di Tikrit menurunkan lebih dari 30 ribu pasukan. Jika seluruh wilayah kota itu berhasil diambil maka posisi ISIS akan semakin terancam.

Sebab, Militer Irak mengatakan setelah Tikrit mereka berencana melancarkan operasi serupa di kota Mosul. Kota ini sangat penting, selain merupakan salah satu wilayah paling besar di Irak Mosul juga dikenal sebagai daerah penghasil minyak.

Dalam beberapa bulan terakhir, ISIS mengalami kekalahan besar dan kehilangan wilayah yang sempat mereka kuasai. Hal ini karena Irak tidak bekerja sendiri. Mereka dibantu oleh Milisis Syiah pasukan Kurdi serta serangan udara dari AS dan sekutunya.

No comments:

Post a Comment